Kelurahan Terban Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

SELAMAT DATANG DI KELURAHAN TERBAN

1.Luas Wilayah Kelurahan terban adalah 79,72 Ha, atau 797.200 m2 dengan jumlah penduduk 11.115 jiwa , terdiri dari 3.040 KK .

Dukungan atau tingkat partisipasi masyarakat di kelurahan terban sangatlah tinggi, kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi mendukung dan membentuk lembaga masyarakat/komunitas masyarakat sebagai upaya membantu pemerintah disegala bidang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak ?, berapa puluh lembaga komunitas bentukan masyarakat sebagai ujud HANYENGKUYUNG HANDARBENI mendukung dengan kesadaran dan rasa memiliki, adalah merupakan modal dasar pembangunan kewilayahan .

Agar tidak ketinggalan dengan dinamika masyarakat tentunya Pemerintah Kelurahan Terban harus meningkatkan diri, baik dari sisi kualitas personil ataupun kemampuan dalam bekerjasama dibidang adminitrasi pelayanan, kemampuan turba bersama warga dsbnya , hal ini sangat diperlukan sebagai penyerapan aspirasi (bottom up ) warga secara langsung.

Demikian pula Lurah Terban juga mengintruksikan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Dengan Motto One For All, semua masyarakat harus dilayani dengan baik .

Sebagai contoh :

Disamping memaksimalkan standar pelayanan dengan SOP (standar operasional Pelayanan Publik) saat ini pemerintah Kel. Terban telah mempergunakan layanan kependudukan berbasis web yang telah disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta :

http://intra.pelayanankelurahan.jogjakota.go.id/

Semua data Warga / Penduduk bisa diakses disini .

Disamping itu warga juga bisa mengkases informasi perihal Kel.terban, memberikan kritik dan saran lewat :

Þ email : terban@jogjakota.go.id, atau membuka

Þ web : terban.blogspot.com atau lewat

Þ Web :terbanbudaya.blogspot.com

Þ facebook : kelurahanterban. Atau langsung

Þ sms/telp. Lewat : hp.085229737705—Lurah terban.


Untuk kota Yogyakarta kritik dan saran dikirim ke :

Þ http://upik.jogja.go.id

Þ Sms : 08122780001

Þ Untuk informasi tentang kota yogyakarta bisa dibuka di :

Þ http://jogjakota.go.id

2. Dibidang pelayanan PBB (pajak bumi dan bangunan)

Tim intensifikasi PBB Kelurahan Terban telah membuat Pokok ketetapan untuk tiap RT (59 RT )berdasarkan DHKP KP.PBB Kota Yogyakarta.

Adapun web realisasinya telah disediakan Pemerintah kota Yogyakarta dan ada pada :

http://pospbb.jogjakota.go.id/

3. Dibidang keamanan dan ketertiban

Disamping kegiatan keamanan dan ketertiban yang lain, kelurahan Terban juga dijadikan posko penanggulangan bencana .

Bersama mitra : Kelurahan Siaga Terban, Tasgana Terban (komunitas siaga bencana) , Forum Kemananan polisi sagan Purbo (untuk wilayah timur) dan KPK (komunitas pinggir Kali ) melakukan penanggulangan dibidang keamanan, kebencanaan dan penyakit

.Juga Bersama BKM MERDEKA Terban .membantu memberikan bantuan Alat komunikasi (HT) dan early warning system kepada Komunitas siaga bencana Kelurahan Terban.

Untuk Posko pantaun Kelurahan Terban selalu berkomunikasi dengan

Þ Frekuensi 165.350 VHF PBA Kota Yogyakarta-

Þ Kantor Kesbanglinmas , dan

Þ komunitas komunikasi bantuan bencana code PARIANOM di 149.940 VHF.

Selain informasi tersebut diatas, warga Kelurahan Terban sebelum terjadinya banjir lahar dingin juga sudah bisa mengakses tentang erupsi merapi, informasi pembagian masker, dan kemudian informasi Peta daerah rawan Bencana longsor dan banjir yang dipetakan sebelum terjadinya banjir lahar dingin code,kemudian selanjutnya memperbaharui dan memetakan kembali setelah terjadinya banjir lahar dingin 29 Nop 2010 semua bisa dilihat dan didownlaod lewat

Þ facebook. Kelurahanterban

Adapun untuk pantauan kondisi merapi, Kelurahan Terban men

gakses langsung lewat Web :

Þ http://www.merapi.combine.or.id

Dimana suara langsung kondisi merapi bisa langsung didengar lewat HT internet , dengan web sebagaimana tersebut diatas

Selasa, 14 Juni 2011

MASYARAKAT TERBAN JUARA LOMBA DESA / EVALUASI KELURAHAN TK.PROPINSI DAN MAJU TINGKAT PUSAT 2011

(salah satu kegiatan seni dan budaya di kelurahan Terban (Mapak warso dan kegiatan jatilan yang anggotanya kebanyakan wanita)

Mapak warso enggal Syuro, Khidmat mamuji marang Gusti Ingkang Dumadi (memohon Kepada Tuhan Untuk Keselamatan warga Terban)

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN TERBAN

Pemberdayaan masyarakat Kelurahan Terban adalah peningkatan kemampuan dan kemandirian. Pemberdayaan masyarakat Kelurahan Terban berarti meningkatkan perilaku hidup dalam bermasyarakat untuk kemandirian. Kemampuan dan kemandirian dilakukan dengan jalan memberdayakan potensi masyarakat yang ada disetiap sektor kegiatan pembangunan. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaannya memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lainnya untuk keberhasilan pembangunan secara keseluruhan. Semakin melembaganya partisipasi masyarakat dalam pembangunan akan bermuara pada kemandirian.

Dalam rangka memberdayakan masyarakat, Pemerintah dan   lembaga lembaga yang ada di Kelurahan Terban berupaya untuk berjuang menyeimbangkan antara kegiatan pembangunan fisik, ekonomi, sosial maupun  budaya. Keselarasan, atau sinergitas antar lembaga yang ada sangat berperan dalam meningkatkan kemandirian di Kelurahan Terban. Keberhasilan pemberdayaan masyarakat  diukur dari capaian kemampuan dan kemandirian masyarakat.

Lurah dan mantan Lurah Terban yang selalu menyempatkan hadir dalam acara syawalan / silaturahmi di gedung LPMK Terban

 

 Salah satu sudut wilayah Kelurahan Terban

Komunitas siaga Bencana Kelurahan Terban

 Panagati 107,7 FM, radionya wong Terban, membantu Keamanan
 Jajaran hansip Kelurahan Terban


 Komunitas siaga Bencana Zona Timur


Lurah Terban  terjun langsung dalam kegiatan kesenian bersama ibu-ibu PKK






Ttd. Staf Redaksi

Suro B



Tidak ada komentar:

PERGANTIAN LURAH TERBAN

Tanggal 30 Juli 2010, adalah hari yang bersejarah bagi masyarakat Kelurahan Terban, bagaimana tidak sejak Tahun 1981 pergantian Lurah di Terban telah banyak berlangsung. Bagi masyarakat Kelurahan terban nama Lurah Bp.Willy Prasetyo,ST, BA (1981-1995) kemudian Bp.Sumarsono, Bsc (1995-2000) dilanjutkan oleh Bp.Sugiyanto Saputro,BA(2000-2006) , PLH oleh Bp.Drs. Yunianto dwisutono, Sekretaris Kecamatan Gondokusuman (2007) dan kemudian dilanjutkan oleh Bp.Budi Santoso, SSTP (2007-2009) Bp.Taokhid,SIP (2009-2010) dan yang belakangan ini digantikan oleh Bp.Subarjilan, SIP( 2010 ) telah berlangsung. Kiprah para Lurah telah banyak dirasakan oleh warga masyarakat. Pun begitu bagi perangkat Kelurahan , ada hati terpaut tersendiri untuk masing-masing Lurah.

Sudah begitu banyak Lurah dan tokoh-tokoh masyarakat berkiprah dalam memajukan wilayah Kelurahan terban. Semoga Kedepan Kelurahan Terban akan menjadi kelurahan Metropilitan dengan budaya yang masih tetap mengakar dihati masyarakat. Semoga